Gelaran AFC U23 2018 resmi dimulai 9 Januari lalu. Tiongkok sebagai tuan rumah hingga saat ini mampu menjadi tuan rumah yang baik. Mulai dari fasilitas stadion yang berkualitas, hingga transportasi menuju ke stadion terintregrasi dalam segala lini.

Terbagi menjadi empat grup, ajang AFC U23 2018 Tiongkok ini tentunya menyertakan wakil dari Asia Tenggara. Meski Indonesia tidak terlibat, namun kita sedikit banyak harus mengetahui bagaimanakah peluang terakhir dari tiga wakil Asia Tenggara yaitu, Thailand, Malaysia, dan Vietnam.

Adakah satu di antaranya mampu melangkah lebih jauh melewati penyisihan grup ini?

1. Thailand yang tidak mampu memenuhi ekspektasi

[OPINI] Melihat Peta Kekuatan Wakil ASEAN di AFC U23 2018 Tiongkokthe-afc.com

Sejauh ini hingga pertandingan kedua, Thailand berada di posisi paling bawah. Dengan menelan dua kali kekalahan dan tak satupun mencetak gol serta kemasukan dua gol. Pada pertandingan pertama, anak asuh Zoran Jankovic harus mengakui ketangguhan kekuatan sepak bola baru Korea Utara.

Pada pertandingan melawan Jepang Sabtu (13/1/2018) sore kemarin, sebenarnya Thailand mampu mengimbangi Jepang. Namun apa boleh buat. Gol dari Ko Itakura di menit 90 menyudahi perjuangan Negeri Gajah Putih untuk lolos ke Quarter Finals.

Tim yang ditargetkan dapat mengisi satu dari empat di semifinal ini harus tersingkir lebih dulu. Meski masih menyimpan satu pertandingan lagi. Hasil itu tak akan mampu mengubah keadaan.

2. Harimau malaya berjuang hingga akhir

[OPINI] Melihat Peta Kekuatan Wakil ASEAN di AFC U23 2018 Tiongkokthe-afc.com

Tak berbeda jauh dari Thailand. Harimau Malaya sementara harus duduk di posisi paling buncit. Berbeda dari Thailand yang belum mengemas poin serta dipastikan tidak akan lolos. Di dua laga yang sudah berakhir, Malaysia mampu memetik satu poin saat meladeni Jordania.

Harapan untuk lolos ke babak selanjutnya belum sirna. Akan tetapi, pada pertandingan terakhir yang digelar besok (16/1/2018), Matthew Davies dkk harus menang serta berharap Iraq mampu memenangkan pertandingan melawan Jordania. Dengan begitu Malaysia dapat untuk terus melaju ke babak Quarter Finals.

3. Vietnam dan reputasi peringkat teratas ASEAN

[OPINI] Melihat Peta Kekuatan Wakil ASEAN di AFC U23 2018 Tiongkokthe-afc.com

Tidak diunggulkan untuk dapat lolos dari Grup D. Namun faktanya saat ini Vietnam berada di posisi kedua di bawah Korea Selatan. Wajar, karena grup ini dihuni oleh Korea Selatan, Australia, Syria, serta Vietnam.

Beberapa pengamat malah sudah mendiskualifikasi Vietnam tidak lolos grup jauh sebelum laga pembukaan. Vietnam secara mengejutkan mampu mengalahkan Australia dengan skor tipis 1 – 0 pada hari Minggu (14/1/2018) sore.

Gol dicetak oleh Nguyen Quang Hai pada menit 77. Ini membuktikan bahwa negara ASEAN dengan rangking tertinggi FIFA yaitu berada pada peringkat 125, dilansir FIFA pada Desember 2017, tidak setengah-setengah dalam menghadapi kompetisi ini.

Melihat situasi di atas, tampaknya Vietnam yang berpeluang besar untuk melaju ke babak Quarter Finals. Mengingat Australia kini menguntit di belakangnya akan menghadapi Korea Selatan.

Akan tetapi Vietnam juga harus mewaspadai kebangkitan Syria, yang juga masih berpeluang untuk dapat lolos jika menang melawan Vietnam, dan Australia kalah lawan Korea Selatan. Kita patut tunggu, sejauh ini negara mana yang benar-benar serius membangun sepak bolanya.

Jika kita lihat, tiga wakil dari Asia Tenggara ini memang sedang membenahi segala bidang dalam industri sepak bola mereka masing-masing. Bisa jadi hasilnya belum akan terlihat sekarang. Mereka menanam dan menuainya kelak.

Arvian Bayu Ardana

Suka bercericit di Twitter @arvianbayu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.