Baru sebelas hari tayang di bioskop, film Dilan 1990 sudah berhasil meraup 4 juta penonton menggeser sejumlah box office Indonesia seperti dua seri Ayat-ayat Cinta dan Ada Apa Dengan Cinta. Rupanya pesona Dilan mampu menggeser Rangga, yang janji akan pulang dalam satu purnama namun nyatanya belasan. Bahkan tak cuma Rangga, Fahri pun digesernya dengan santai.

Kaum hawa pun punya satu mimpi baru. Selain ingin menjadi Cinta dan Aisha, kini mereka bisa juga bermimpi menggantikan posisi Milea. Memeluk Panglima Tempur sepanjang jalan ditemani rintik hujan, di atas aspal Bandung tahun 90-an. Dihadiahi TTS yang sudah diisi dan dibawakan tukang pijit ketika sakit.

Saking manisnya romansa Dilan-Milea, banyak netizen lantas menjodoh-jodohkan kedua pemerannya yaitu Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla. Sebegitu besar animo netizen hingga saya bertanya-tanya, apakah setiap pasangan kekasih di film harus cinlok setelah syuting selesai?

1. Mengintip pasangan-pasangan terdahulu

Menjadi Dilan-Milea, Haruskah Iqbaal & Vanesha Dipaksa Berjodoh?Instagram.com/putrimarino

Seperti film romantis lainnya, pemeran utama pria dan wanita menjelma jadi relationship goals baru untuk sebagian penonton dan penggemar. Belum lagi dialog dan adegan memorable dalam film tersebut yang tak lekang oleh waktu.

Sampai kapan pun, begitu mendengar kalimat “Rangga, yang kamu lakukan ke saya itu jahat” maka wajah Nicholas Saputra dan Dian Sastro lah yang terbayang. Bergeser ke film-film yang belum lama tayang, ada Reza Rahadian-Adinia Wirasti di Critical Eleven dan Adipati Dolken-Putri Marino di Posesif.

Kedua pasangan ini digadang-gadang menjadi kekasih betulan di dunia nyata. Kedekatan yang terjalin selama proses syuting, serta totalitas mereka membangun chemistry membuai para penonton. Begitu juga Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla, yang kini sudah bertebaran akun fanbase mereka di Instagram.

Menilik pasangan-pasangan sebelumnya, baik Nicholas-Dian, Reza-Adinia, dan Adipati-Putri tidak ada yang berujung menjadi sepasang kekasih. Padahal kedekatan mereka sepanjang syuting dan promo sudah begitu intim. Untuk Nicholas dan Dian jelas tidak cinlok, karena saat pembuatan AADC 2 status Dian sudah menjadi istri sekaligus ibu dari 2 anak.

Adipati dan Putri yang agak lama bertahan dengan gosip pacaran. Mereka memang kerap bersama meski proses syuting dan promo Posesif sudah selesai. Ditambah bagaimana interaksi mereka di sosial media yang selalu menyapa dengan panggilan sayang.

Namun gosip itu segera mereda begitu Putri Marino go public atas hubungannya dengan Chicco Jericho. Andai mereka tidak mempublikasikan hubungan, barangkali gosip dengan Adipati akan bertahan lebih lama lagi.

2. Vanesha yang berjanji, se-Indonesia sibuk mengamini

Loading video...
https://www.youtube.com/embed/oM6jxJqKPiY

Dibandingkan dengan pasangan-pasangan sebelumnya, Iqbaal dan Vanesha memang lebih besar menyedot perhatian. Segala hal tentang kebersamaan bahkan kehidupan personal mereka menjadi trending di sosial media. Video interview, talkshow, hingga candid yang tersebar di YouTube berhasil meraup banyak viewer.

Bahkan dua hari yang lalu usai menggelar syukuran atas diraihnya 4 juta penonton Dilan 1990, Vanesha mengucap janjinya pada penonton. Katanya, jika film Dilan 1990 berhasil menembus 7 juta penonton, ia akan menyusul Iqbaal ke US saat pesta kelulusan kelak.

Iqbaal sudah memasuki tahun kedua menempuh pendidikan di New Mexico, untuk tingkat 2 dan 3 SMA. Kelas 1 SMA ia masih bersekolah di Global Islamic School Condet, Jakarta.

Janji ini sontak disambut meriah para cast dan crew film. Bahkan videonya yang diunggah di akun YouTube Falcon Pictures pun segera dibanjiri viewers dan komentar.

Antusiasme mereka bertambah, karena besarnya keinginan melihat Milea berangkat ke US menyusul Dilan. Sebesar keinginan mereka untuk menyatukan Iqbaal dan Vanesha menjadi sepasang kekasih di dunia nyata.

3. Usia Iqbaal dan Vanesha sedang asyik-asyiknya untuk kasmaran

Menjadi Dilan-Milea, Haruskah Iqbaal & Vanesha Dipaksa Berjodoh?Instagram.com/falconpictures_

Animo ini yang tidak saya temukan pada pasangan pemeran film-film sebelumnya. Mungkin alasan pertama adalah sosial media. Makin ke sini aktivitas orang-orang di sosmed makin menggila.

Info dan isu bisa menyebar dengan begitu cepat. Tidak butuh waktu lama juga untuk membuat akun fanbase Dilan-Milea, yang berisikan video dan foto kedekatan Iqbaal dengan Vanesha. Hal-hal semacam ini semakin menambah kebaperan netizen akan mereka berdua.

Kedua, usia Iqbaal dan Vanesha saat ini sama-sama baru menginjak 18 tahun. Bisa dibilang, masih dalam usia manis-manisnya cinta dan kasmaran. Binar mata mereka saat kepergok bertatapan dan gestur tubuh tidak bisa berbohong.

Bahwa proses pendekatan yang dilakukan selama proses syuting membekas cukup dalam. Status mereka yang saat ini sama-sama menjomblo makin menambah besar peluang untuk bersama.

4. Iqbaal-Vanesha tidak harus menjadi Dilan-Milea di dunia nyata

Menjadi Dilan-Milea, Haruskah Iqbaal & Vanesha Dipaksa Berjodoh?Instagram.com/irmaragasti

Tidak bisa dipungkiri bahwa kisah cinta Dilan dan Milea memang sangat menarik. Cerita manis khas anak SMA yang bisa dengan mudah dinikmati siapa saja, kecuali yang sudah kebal dengan romantisme.

Sejak masih dalam bentuk novel, pasangan ini sudah punya banyak penggemar. Tidak heran jika Iqbaal dan Vanesha bisa dengan mudah digemari juga.

Tingkah remaja kasmaran yang malu-malu menggemaskan, bikin para netizen baper. Bahkan ada yang rela ikut berjuang promosi dan mengajak orang lain menonton film ini.

Biar apa? Biar tembus 7 juta penonton dan Vanesha menepati janjinya, menyusul Iqbaal ke US. Sayangnya, kebaperan ini justru terasa berlebihan.

Banyak netizen yang kemudian terlalu ikut campur dengan kehidupan pribadi Iqbaal dan Vanesha. Membenci mantan pacar Iqbaal, mengedit foto Iqbaal dengan Vanesha, hingga menandai anggota keluarga mereka di banyak unggahan.

Kekaguman yang berlebihan ini sedikit banyak pasti mengganggu privasi. Dan yang paling parah adalah tindakan ‘memusuhi’ Adipati Dolken, hanya karena ia terlihat mesra dengan Vanesha di film Teman Tapi Menikah yang rilis Maret nanti.

5. Jangan menjadi penonton yang mengecewakan diri sendiri

Menjadi Dilan-Milea, Haruskah Iqbaal & Vanesha Dipaksa Berjodoh?Instagram.com/film.dilan1990

Siapa yang tidak bahagia jika melihat pasangan idola akhirnya bersatu di dunia nyata? Akan sama bahagianya jika melihat Rangga-Cinta, Lala-Yudhis, dan pasangan lainnya bisa terwujud di luar film.

Netizen dan penggemar Dilan 1990 sampai kapanpun posisinya tetap penonton. Hanya bisa menonton apa yang akhirnya terjadi dengan Iqbaal dan Vanesha.

Tidak perlulah sampai sebegitu mengharapkan mereka jadian, atau malah berjodoh. Dan tidak perlu juga menganggap semuanya gimmick, hanya taktik marketing semata.

Iya, mereka memang manis. Teramat manis sebagai pasangan muda. Maka tugas penonton adalah menikmati saja. Toh, memang nikmat kan, melihat kemesraan menggemaskan Iqbaal-Vanesha yang bertebaran di feeds sosial media?

Kebaperan ini mungkin akan bertahan lebih lama. Mengingat sekuel Dilan 1990 sudah dibeberkan sang sutradara akan segera digarap. Sebaiknya segera kembali ke kursi penonton saja. Jangan menjadi penonton yang mengecewakan dirinya sendiri, akibat terlalu banyak berharap dan mencampuri urusan pribadi pemerannya.

Arthasalina

bukan orang penting, kecuali anda mementingkan saya. kadang-kadang ngoceh di instagram @arthasalina, twitter @ARTHasalina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.