6 Pesan untuk Anak-anak Generasi Penerus Bangsa Indonesia di Masa Depan

Anak-anak Indonesia di masa depan adalah gayung bangsa untuk mengarungi pulau kehidupan.

6 Pesan untuk Anak-anak Generasi Penerus Bangsa Indonesia di Masa DepanSumber Gambar: justwawanirawan.blogspot.co.id

Artikel ini merupakan hasil karya peserta kompetisi menulis #WorthyStory yang diadakan oleh IDNtimes.com. Kalau kamu ingin artikelmu eksis seperti ini, yuk ikutan kompetisi menulis #WorthyStory sekarang juga. Informasi lebih lengkapnya, kamu bisa cek di sini.


 

Anak-anak Indonesia di masa depan adalah gayung bangsa untuk mengarungi pulau kehidupan. Anak bangsa menjadi generasi penerus Indonesia yang lebih baik. Masa depan tidak ada yang tahu, ia masih menjadi sebuah rahasia. Namun, aktivitas yang dilakukan masa kini akan menjadi tangga menuju puncak masa depan itu sendiri. Inilah 6 pesan untuk anak-anak Indonesia di masa depan:

Cintai Bahasa Sendiri “Bahasa Indonesia”

6 Pesan untuk Anak-anak Generasi Penerus Bangsa Indonesia di Masa DepanSumber Gambar: isparenting.wordpress.com

Manusia lahir di dunia dan dikenalkan dengan sesuatu yang bernama “bahasa”. Contohkan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Ketika dari kecil sudah terbiasa dengan bahasa yang baik dan benar, ia akan mengingatnya dan mempraktikannya dengan baik dan benar pula.

Bahasa Indonesia adalah bahasa kesatuan, kosakata yang dimiliki bermacam-macam. Bayangkan apa yang terjadijika penggunaan bahasa Indonesia yang salah merajai masa depan? Negara ini akan hancur, kehilangan bahasa kesatuannya karena tanpa mempelajari bahasa sendiri pun, orang takkan mengenal bangsanya sendiri.

Lestarikan Permainan Tradisional Indonesia

6 Pesan untuk Anak-anak Generasi Penerus Bangsa Indonesia di Masa DepanSumber Gambar: antsmagazine.com

Indonesia adalah negara yang kaya akan permainan tradisional seperti dakon, petak umpet, dll. Permainan yang tidak membutuhkan modal mahal, lebih efisien dan permainan yang nilai sosialnya tinggi karena mengutamakan kebersamaan dengan teman-teman.

Namun, apa yang terjadi di masa kini? Permainan seperti itu sudah surutdan hampir musnah. Oleh karena itu, perkenalkan lagi permainan tradisional Indonesia kepada anak-anak bangsa agar mereka dapat melestarikannya.

Jadilah Siswa yang Komunikatif di Sekolah
6 Pesan untuk Anak-anak Generasi Penerus Bangsa Indonesia di Masa Depan

Sumber Gambar: mahkotailmu.com

Siswa memiliki kewajiban untuk belajar. Namun, siswa tidak berkewajiban untuk selalu menerima penjelasan sang guru. Jadilah siswa yang komunikatif, sampaikan apa saja yang menjadi pertanyaan-pertanyaan di dalam pikiran.

Guru adalah teman, guru tidak menakutkan, tetapi guru tetap wajib untuk dihargai. Siswa yang komunikatif dari kecil akan tumbuh menjadi anak yang cerdas dan kritis.

Kembangkan Potensi dalam Diri

6 Pesan untuk Anak-anak Generasi Penerus Bangsa Indonesia di Masa DepanSumber Gambar: wishbeukhti.wordpress.com

Setiap manusia yang terlahir di dunia sudah diberi Sang Pencipta sebuah potensi. Tugas kita adalah mengembangkan potensi tersebut. Jika ana-anak Indonesia mengembangkan potensi dalam dirinya, masa depan Indonesia akan berjaya karena memiliki anak-anak bangsa yang membanggakan.

Manfaatkan Waktu Sebaik Mungkin

6 Pesan untuk Anak-anak Generasi Penerus Bangsa Indonesia di Masa DepanSumber Gambar: dn12cbd.blogspot.co.id

Waktu adalah hal yang paling berharga. Isilah waktu dengan sesuatu yang bermanfaat. Tanamkan itu pada diri anak-anak Indonesia seperti beribadah tepat waktu, bersekolah, bermain dengan permainan tradisional, berlatih mengembangkan potensi diri, belajar, dan berkumpul bersama keluarga.

Sebisa mungkin lakukan hal-hal positif itu setiap hari karena kebiasaan teratur yang baik akan membentuk karakter anak-anak Indonesia yang baik pula dan menjauhkan anak-anak Indonesia untuk bertindak kriminal dan asusila.

Menjadi Manfaat Satu Sama Lain

6 Pesan untuk Anak-anak Generasi Penerus Bangsa Indonesia di Masa DepanSumber Gambar: justwawanirawan.blogspot.co.id

Manusia dilahirkan menjadi makhluk sosial, yaitu mahkluk yang selalu berhubungan dengan orang lain. Manusia tidak dapat hidup sendiri. Oleh karena itu, poin-poin di atas perlu diterapkan dalam kehidupan.

Apa gunanya menjadi juara kelas kalau pada praktiknya buta rasa dan lupa sejatinya manusia haruslah menjadi manfaat satu sama lain? Indah sekali kehidupan jika manusianya saling menghargai, mengasihi, dan menyayangi.

 

#WorthyStory

6 Pesan untuk Anak-anak Generasi Penerus Bangsa Indonesia di Masa DepanSumber gambar: idntimes.com
Read More
Line IDN Times
ARTIKEL REKOMENDASI